PARIS - Paris Saint-Germain dekati gelar Ligue 1 setelah dua gol Kylian Mbappe memastikan kemenangan tandang 2-1 atas Auxerre, Senin (22/5) dini hari WIB. PSG unggul enam poin di puncak klasemen dengan dua pertandingan tersisa. PSG berharap untuk secara resmi memastikan gelar kedua berturut-turut.

Ini yang kesembilan dalam 11 musim terakhir, tetapi membutuhkan saingan terdekat Lens untuk tergelincir di hari sebelumnya. Lens menang 3-1 atas Lorient, sehingga PSG masih membutuhkan satu poin dari dua pertandingan terakhir untuk mengamankan gelar ke-11 liga Prancis secara keseluruhan.

Keunggulan selisih 16 gol atas Lens berarti PSG akan memenangkan gelar, bahkan andai mereka mengakhiri musim dengan poin sama. PSG, yang dua pertandingan terakhirnya akan melawan Strasbourg (tandang) dan di kandang melawan Clermont, bakal mengungguli catatan Saint-Etienne sebelumnya dengan 10 gelar yang disamai tahun lalu.

Gol-gol Mbappe tercipta dalam delapan menit pertama di Burgundy saat mencatatkan 28 gol musim ini. Dia unggul dua gol dari pemain Lyon, Alexandre Lacazette, di puncak daftar pencetak gol terbanyak Ligue 1. Mbappe mencetak gol di menit keenam, menyambut umpan Fabian Ruiz dan memperdaya bek Gauthier Hein sebelum menembak ke gawang.

Kedudukan menjadi 2-0 dua menit kemudian, saat Hugo Ekitike meneruskan umpan Lionel Messi untuk Mbappe lalu melepaskan tembakan dari tepi area penalti. Auxerre membalas satu gol lewat Lassine Sinayoko enam menit setelah turun minum. "Pemain saya memegang trofi. Sekarang harus finis di puncak dalam dua pertandingan berikutnya dan mengangkat trofi di kandang pada hari terakhir," ujar pelatih PSG, Christophe Galtier.

Galtier dan PSG mendapat kritik selama paruh kedua musim ini. Mereka kalah enam kali di Ligue 1 dan disingkirkan Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions. "Ketika melihat ke belakang dan menganalisis musim, kami mengalami periode yang sangat sulit setelah Piala Dunia dengan cedera dialami pemain kunci," sambung Galtier.

"Skuad kami sangat lemah dalam pertandingan besar dan itu menyebabkan kami bermain buruk. Tapi percayalah, ini masih meningkatkan performa untuk memenangkan liga," tandasnya. Sementara itu, Lens bangkit dari ketinggalan untuk memenangkan pertandingan dan selangkah lebih dekat untuk mengamankan tempat di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan.ben/AFP/G-1

Baca Juga: