JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) menguat 0,14 persen di level 4.973,79 pada penutupan perdagangan, Jumat (3/7). Penguatan dipengaruhi sentimen positif eksternal, terutama membaiknya data ekonomi global.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance memiliki range pada level 4.865,27 hingga 5.097,14. Berdasarkan indikator, MACD masih membentuk pola dead cross di area positif. Sementara itu, Stochastic dan RSI berada di area netral. Di sisi lain, terlihat pola shooting star candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG.

"Pasar mengapresiasi kinerja beberapa data PMI (Tiongkok plus beberapa negara Eropa) di mana hasil perilisan pada hari ini semakin positif, menandakan bahwa segala aktivitas perekonomian yang dimotori oleh industri manufaktur maupun jasa semakin pulih," kata analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama di Jakarta, Jumat (3/7). yni/E-10

Baca Juga: